Memahami Arti Editing



Sebelum memulai belajar pada hari ini seperti biasa kami selalu mendapat info-info atau pengarahan dari ketua FLP seraya menunggu Bang Benny Arnas dateng. Banyak hal yang disampaikan oleh ketua FLP yaitu Berry Budiman, di antaranya Linggau Writing Class akan menerbitkan majalah. Tidak hanya itu, karya yang di muat pun akan mendapatkan honor sebagai penghargaan atas karya-karya mereka selama ini. Seperti yang disampaikan oleh Berry Budiman, bagi karyanya yang ingin dimuat di majalah silahkan kirim ke Group LCW (Linggau Writing Class) atau bisa juga ke Facebook FLP (Forum Lingkar Pena).


Setelah selesai membahas majalah, kami mengulas tugas-tugas yang telah di berikan pada pertemuan sebelumnya, yaitu omnibus. Hasil omnibus itu akan dibacakan oleh peserta, tentunya setelah di make over sebelumnya oleh beliau sehingga omnibus tersebut menjadi tulisan yang lebih rapi. Satu per satu hasil karya peserta pun di bacakan. Hingga pada akhirnya materi selanjutnya dimulai.

Pertemuan yang ke-5 ini Bang Benny tak hanya mengumumkan hasil omnibus para peserta. Kali ini Bang Benny Arnas akan menyampaikan mengenai Editing. Bang Benny memberikan sebuah kalimat kemudian beliau meminta peserta langsung mengedit kalimat tersebut menjadi lebih efektif. Menulislah dengan efektif, begitu jelasnya. Setelah menyelesaikan tulisan kami pun segera dikoreksi olehnya. 

Editing adalah mengubah suatu karya menjadi bagus, lebih indah dan lebih rapi. Dalam editing jangan pernah dicampur dengan menulis, menulis juga jangan pernah tergantung dengan mood.

Pesannya kemudian, dalam menulis dan kemudian melakukan editing ada tiga faktor yang perlu diperhatikan, yaitu:
1. Memiliki partner menulis, teman yang menjadi pengapresiasi tulisan kita
2. Setelah selesai menulis, endapkan sebentar, setelah itu mulai menyunting
3. Filterisasi, saran dan kritik. 

Bagi yang belum bergabung bersama kami di sini di LWC, yukk gabung, banyak hal dan ilmu yang kita dapetin di LWC. Pertemuannya pun hanya 1 kali dalam seminggu yaitu setiap hari kamis pukul 14:00 wib hingga pukul 16:00 wib.

Join with us, in LWC (Linggau Writing Class)

Oleh: Dian

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Quote

“...berbuat yang terbaik pada titik di mana aku berdiri, itulah sesungguhnya sikap yang realistis.”
Andrea Hirata
“Biarkan orang lain menjalani kehidupan yang kecil, tetapi kamu jangan!
Biarkan orang lain memperdebatkan soal-soal kecil, tetapi kamu jangan!
Biarkan orang lain menangisik kepedihan-kepedihan kecil, tetapi kamu jangan!
Biarkan orang lain menyerahkan masa depan mereka kepada orang lain, tetapi kamu jangan!”
Habiburrahman El Shirazy
“Man jadda wajada
Siapa yang bersungguh - sungguh, akan berhasil”
Ahmad Fuadi

Pengikut